Wednesday, July 25, 2012

Cara menghitung jumlah kata dalam Ms.Word 2007

Kurang kerjaan tuh, jumlah kata saja di hitung. Untuk apa??

Mungkin sebagian orang akan berfikir seperti itu. Tapi ternyata untuk sebagian orang tidak. Dalam pembuatan karya tulis terkadang memiliki syarat atau batasan tertentu. 

Misalnya jumlah huruf/karakter. Menjadi sangat penting untuk menghitung jumlah huruf/karakter. Namun akan sangat sulit dan tentu memakan banyak waktu jika penghitungan dilakukan secara manual.

Tetapi kita tidak perlu melakukannnya secara manual. Karena Ms.Word sendiri memiliki fasilitas untuk hal ini. Bahkan tidak hanya untuk menghitung jumlah kata/karakter saja. dalam fasilitas ini juga akan memunculkan jumlah halaman, paragraf, dan jumlah baris.

Tidak hanya itu. Kita juga dapat menghitung jumlah kata pada paragraf tertentu saja. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mengeblok bagian yang ingin dihitung. Namun jika tidak ada yang di blok, maka semua bagian akan dihitung.

Baiklah, langsung saja berikut adalah cara yang sangat mudah untuk menghitung jumlah karakter dalam Ms. Word.

1. Buka Ms. word yang ingin diketahui jumlah karakternya.

2. Blok lah bagian yang ingin di hitung, jika memang yang ingin  dihitung adalah sebagian saja. namun jika yang ingin dihitung adalah semua bagian, maka tidak perlu di blok.

3. Buka lah ribbon review.
 

4. Kemudian klik word count pada grup proofing.

5. Maka akan muncul hasil penghitungan akuratnya.

Demikian postingan kali ini. Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment